!!TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGANNYA!!

TUGAS 4 ETIKA PROFESI TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI

1. Kejahatan yang terjadi di internet terdiri dari berbagai macam jenis dan cara yang bisa terjadi. menurut anda motif apakah yang dapat mempengaruhi kejahatan TI
Jawab:
a. Faktor Sosial
b. Faktor Lingkungan
c. Faktor Keadaan
d. Faktor Ekonom

2. Sebutkan contoh-contoh kasus kejahatan TI yang sedang trend (viral) saat ini dan menurut anda apa motif kejahatan tersebut
Jawab:
a. Ransomware WannaCry
Serangan siber ransomware sempat menyerang Indonesia pada awal 2017. Setidaknya dua rumah sakit di Jakarta yaitu Dharmais dan Harapan Kita yang disinyalir diserang ransomware berjenis WannaCry pada 12 Mei 2017 yang menyebabkan data pasien dalam jaringan komputer rumah sakit tidak bisa diakses.

b. Serangan Blueborne
Para peneliti dari Armis Labs dalam laporannya pada 15 September 2017 menemukan vektor serangan terbaru yang dapat membahayakan sistem operasi populer di mobile, desktop, dan IoT seperti Android, iOS, Windows, Linux, serta perangkat yang menggunakan system operasi tersebut. Vektor baru ini dijuluki “BlueBorne”, karena menyebar melalui airborne dan menyerang perangkat melalui Bluetooth tanpa disadari pemilik perangkat.
BlueBorne memungkinkan penyerang untuk mengendalikan perangkat, mengakses data dan jaringan perusahaan, menembus jaringan “air-gapped” yang aman, dan menyebarkan malware secara lateral ke perangkat yang berdekatan.

c. Serangan DDoS
Laporan kuartal kedua 2017 yang dirilis Verisign pada 11 Oktober 2017 menunjukkan bahwa serangan distributed denial of service (DDoS) masih menjadi tren pada 2017.
Meski demikian jumlah serangan DDoS pada kuartal kedua menurun dari kuartal pertama 2017, dan secara keseluruhan, rata-rata puncak serangan telah menurun sejak kuartal kedua 2016. Serangan ini mengakibatkan banjir trafik ke jaringan target selama lebih dari satu jam. Serangan ini dapat diketahui karena terdiri dari serangan amplifikasi DNS Reflektif dan juga paket-paket yang tidak benar (invalid).

3. Menurut anda apakah upaya-upaya yang dapat kita lakukan untuk menanggulangi kejahatan TI ?
Jawab:
a. Jangan gunakan software bajakan
Gunakanlah peranti lunak resmi. Pasalnya, banyak malware yang tertanam dalam aplikasi bajakan. Karena itu, rekomendasinya adalah bermigrasi menggunakan aplikasi open source yang gratis supaya terhindar dari malware atau spyware.
Karena, biasanya yang nggak open source banyak yang bayar. Mengingat, orang Indonesia enggan keluar duit untuk beli software asli dan lebih memilih bajakan.

b. Pasang perangkat lunak keamanan yang up to date
Penting untuk perangkat lunak keamanan selalu terbarui. Hal itu akan memberikan redefinisi ancaman kejahatan cyber dan virus yang belum terdeteksi dalam versi security softwaresebelumnya.

c. Backup data-data secara rutin
Sebaiknya, pengguna memiliki salinan dokumen pribadi, baik itu dokumen seperti foto, musik, video atau yang lainnya. Ini dilakukan supaya data tetap selamat jika sewaktu-waktu ada pencurian data atau kesalahan dalam sistem perangkat yang digunakan.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.